Embedded Fonts pada Word 2007

Adakalanya kita membuat dokumen Word 2007 dengan jenis huruf (Font) yang beragam, sayangnya jika dokumen tersebut dibuka di komputer yang lain, maka variasi Font yang kita gunakan didalam dokumen tersebut akan hilang jika Font-nya tidak terdapat didalam system Windows.

Adakah solusinya ? jelas ada karena sebetulnya Word 2007 mendukung penggunaan Embedded Fonts, yaitu Font yang kita gunakan didalam dokumen yang kita buat akan ditanamkan didalam dokumen itu sendiri, dengan demikian dimanapun kita membuka dokumen tersebut maka variasi Font-nya akan tetap utuh.
Cara menggunakan Embedded Fonts pada Word 2007 ini sangat mudah. Tinggal klik tombol Office Button di sudut kiri atas aplikasi Word 2007 lalu pilih Word Options. Pada kolom sebelah kiri pilih Save lalu di bagian kanan aktifkan seting Embed fonts in the file seperti tampak dalam gambar berikut ini.
image
Ada 2 opsi tambahan yang bisa kita atur:
  • Embed only the characters used in the document - Aktifkan opsi ini untuk menanamkan Font hanya pada bagian dokumen yang menggunakan Font tersebut. Dengan demikian ukuran file yang dihasilkan tidak akan terlalu besar. Kekurangannya adalah jika opsi ini aktif maka dokumen hanya dapat dibaca atau langsung kita print. Jika  dokumen kita edit maka variasi Font-nya akan hilang.
  • Do not embed common system fonts - Opsi ini sudah jelas fungsinya, yaitu Font yang termasuk kedalam system font tidak akan ditanamkan.
Setelah mengatur seting seperti diatas tinggal save kembali dokumen kita. Dan sekarang kita dapat membuka dokumen dimanapun tanpa perlu khawatir variasi Font-nya akan hilang
Labels : news investment systems Anti Vir free template car body design

0 Response to "Embedded Fonts pada Word 2007"

Posting Komentar